Tingkatkan kualitas pelayanan, PA Gorontalo Launching 4 Aplikasi dan Gelar MOU dengan 8 Instansi

mou1

Rabu, 29 September 2020. Bertempat di Ruang Sidang I Pengadilan Agama Gorontalo, Pengadilan Agama Gorontalo melaksanakan Launching 4 Apliksi Unggulan terbaru di tahun 2021 ini. Kegiatan tersebut juga dirangkaikan dengan Penandatangan MOU denga 8 instansi lainnya yang terkait dengan pelayanan yang ada di PA Gorontalo, yaitu Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil kota Gorontalo, Kementrian Agama kota Gorontalo, SLB Negeri kota Gorontalo, PT. BRI (Persero) Tbk Cabang Gorontalo, Stasiun TVRI Gorontalo, LPP RRI Gorontalo, kantor Pos Gorontalo dan Media Online Habari.id.
Ketua Pengadilan Tinggi Agama Gorontalo, Drs H. Izzuddin HM, S.H M.H., didaulat oleh PA Gorontalo untuk melaunching 4 aplikasi unggulan ini, serta menyaksikan secara langsung prosesi penandatangan MOU antara PA Gorontalo dengan 8 Instansi yang terkait.  Selaian dihadiri oleh para pimpinan dari instansi terkait, Kegiatan ini dihadiri oleh para Hakim Tinggi PTA Gorontalo, Panitera dan sekretaris PTA Gorontalo, pimpinan PA Suwawa dan PA Limboto, serta pimpinan/perwakilan dari organisasi Advokat yang ada di wilayah Provinsi Gorontalo.
 mou2
Ketua PA Gorontalo, Drs. Abdul Samad, M.H. dalam sambutanya menyampaikan terimakasih yang sebesar-sebesarnya atas bimbingan PTA Gorontalo sehingga PA Gorontalo mampu mewujudkan kegiatan ini. Tak lupa pula dukungan dari 8 instansi terkait yang memberikan respon positif sehingga MOU ini dapat diwujudkan. “Walapun tahun ini PA Gorontalo belum masuk ke tahapan evaluasi Menpan-RB dalam meraih gelar WBBM, tapi kami tetap berusaha untuk memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat pencari keadilan. Semoga inovasi layanan berupa 4 aplikasi dan 8 MOU ini dapat bermanfaat dengan sempurna dan dapat meningkatkan kwalitas layanan PA Gorontalo.
 mou3
Sementara itu, Ketua PTA Gorontalo, Drs H. Izzuddin Hm, S.H M.H. mengungkapkan bahwa dirinya sangat bangga dan mengapresiasi apa yang dilaksanakan oleh PA Gorontalo. “Aplikasi-aplikasi yang akan dilaunching, serta MOU ini sangat tepat sasasaran karena berpusat pada transparansi dan peningkatan layanan peradilan. Dijaman yang serba cepat ini, kita akan tertinggal jika tidak membuat terbosan atau inovasi. Sekarang ini , kita harus mampu untuk bekerja kersa, cerdas, tuntas dan ikhlas., jangan hanya kerja keras tapi tidak cerdas, jangan hanya cerdas tapi tidak tuntas, jangan hanya kerja tuntas tapi tidak ikhlas” ungkapnya. Lebih lanjut dirinya berharap kepada seluruh Pengadilan Agama yang ada di Gorontalo agar dapat meniru PA Gorontalo dalam hal berinovasi untuk peningkatan layanan. Dan sebagai catatan akhir, saya mengingatkan agar apliksi-aplikasi yang telah dibuat agar dibuatkan manual book dan SOP-nya. Tanpa adanya manual book dan SOP, aplikasi-aplikasi ini hanya akan menjadi aplikasi liar yang tidak jelas penggunaanya. Untuk itu, secepatnya manual booknya dapat dikriimkan ke PTA untuk diinventarisir.


Dalam kegiatan ini, penandatangan MOU dan pemutaran video pengenalan inovasi layanan PA Gorontalo menjadi acara puncak. Proseses penandatangan MOU yang dilakukan oleh Ketua PA Gorontalo dan para pimpinan instansi terkait, disaksikan langsung oleh Ketua PTA Gorontalo serta para tamu undangan. Adapun Video yang ditampilkan berupa pengenalan singkat dan petunjuk penggunaan aplikasi serta testimoni para pimpinan instansi yang melaksanakan MOU dengan PA Gorontalo. “PA Gorontalo, Luar Biasa!!” menjadi kalimat populer pada kegiatan tersebut.