TIM HATIWASDA PTA GORONTALO APRESIASI KINERJA PA GORONTALO

 closing4Setelah tertunda bebarapa hari dikarenakan adanya Desk Evaluasi Pembangunan ZI oleh KEMENPAN RB, pelaksanaan Expose Hasil Pengawasan dan Pembinaan oleh HATIWASDA PTA Gorontalo akhirnya telaksana. Jumat, 13 November 2020 bertempat di Ruang Sidang I PA. Gorontalo., Tim HATIWASDA  PTA Gorontalo yang dipimpin Hakim Tinggi Dr. Hj. Harijah D, MH yang di dampingi Hakim Tinggi Drs. H. Mubarok, MH, Dra. Hj. Sumaya Alhasni (PP), Abd. Rahman Kaluku, SH,., MH (Kepala Sub Bagian Umum dan Rumah Tangga), melaksanakan Expose Hasil Pengawasan dan Pembinaan
 closing1
Acara dibuka oleh Ketua Pengadilan Agama Gorontalo, dalam sambutannya Drs. Saifuddin, MH menyampaikan harapan yang besar bahwa adanya pengawasan ini menjadi sesuatu yang melahirkan kebaikan yang luar biasa, dimana kita selama ini melaksanakan tugas sudah meyakini bahwa pekerjaan yang dilaksanakan sudah dianggap yang benar. Namun belum tentu menurut orang lain pekerjaan itu sepenuhnya benar, olehnya itu adanya perbedaan akan melahirkan sesuatu kebaikan. Dengan pengawasan ini pula menjadi bahan evaluasi PA. Gorontalo untuk melengkapi kekurangan yang ada saat ini, sehingga dapat bekerja dan memberikan pelayan yang lebih baik kedepannya, lanjut Saifuddin.
 
Mengawali penyampaian Ekspos hasil pengawasan, Dr. Hj. Harijah D, MH selaku ketua tim menyerahkan bebarapa catatan penting yang diharapkan menjadi bahan diskusi para hakim dalam membuat pertimbangan hukum. Sebelum melanjutkan dengan hasil ekspos, Hakim Tinggi Pengawas Drs. H. Mubarok, MH untuk menyampaikan beberapa tip & trik dalam mendokrak nilai SIPP. Sekarang ini Ditjen BADILAG dengan gencarnya memberikan reward kepada satker dibawahnya yang penuh prestasi. Dasar penilaian tersebut antara lain Akreditasi Penjaminan Mutu, DEKORUM danK3, Kinerja Triwulan, Zona Integritas dan SIPP.  Prestasi terbaik tentu akan berpengaruh pada karir pimpinannya untuk mendapatkan promosi jabatan ketingkat yang lebih tinggi. Dalam rangka meningkatkan kinerja SIPP intinya adalah komitmen dan kedisiplinan majelis hakim, panitera sidang dan jurusita dalam setiap penyelesaian perkara, disamping 8 (delapan) poin penting yang harus dilaksanakan dengan penuh kesungguhan. PA. Gorontalo punya peluang besar untuk mendapatkan nilai SIPP diatas satker yang lain dengan pertimbangan jumlah perkara yang diselesaikan dengan SDM hakim yang ada.

closing2
Lebih lanjut harijah mengugkapkan bahwa kedatangan Tim Hatiwasda adalah untuk melakukan pembinaan dan pengawasan reguler sesuai Surat Perintah Tugas dari Ketua PTA Gorontalo. Adapun hal-hal yang menjadi temuan tidak terlalu banyak dan diharapkan segera ditindaklanjuti. “Kami mengapresiasi kinerja positif yang ditunjukan oleh PA. Gorontalo dan berharap untuk terus ditingkatkan”, tutup Harijah mengakhiri penyampaian hasil pengawasan.
 closing3
Menutup acara Ketua PA. Gorontalo mengucapkan terima kasih kepada Tim HATIWASDA, semoga pembinaan dan pengawasan yang telah dilakukan bisa lebih memacu Kinerja dan semangat seluruh aparatur PA Gorontalo. “Kami berkomitmen untuk segera menindaklanjuti dan memperbaiki hal-hal yang menjadi temuan Tim”. Acara ditutup dengan penyerahan hasil KKP oleh ketua Tim pengawas kepada Ketua PA Gorontalo yang didamping Panitera dan Sekretaris.