5 HAL MENUNJANG REMUNERASI 100 %

remun

Ada 5 (lima) hal penting yang perlu diperhatikan oleh warga Peradilan, jika menghendaki Remunerasi dibayarkan seratus persen. Kata sekretaris Mahkamah Agung RI. Drs. H. M. Rum Nessa, SH, MH. dihadapan peserta Bimbingan Teknis Hakim, Panitera, Panitera Pengganti, Jurusita, Jurusita pengganti, petugas Kasir dan Register  pada Pengadilan Agama di Lingkungan Pengadilan Tinggi Agama Gorontalo yang berlangsung di Ball Room Hotel Quality Gorontalo, Minggu 21 November 2010. saat memberikan Materi Tentang Arah kebijakan Mahkamah Agung RI. pada acara tersebut.

Blue Print (cetak biru)  merupakan Arah Kebijakan Mahkamah Agung selama 25 tahun kedepan, sebagai kerangka acuan untuk mencapai atau mewujudkan Peradilan Yang Agung. Selain itu, kata Rum Nessa, Profesionalisme Aparat Peradilan merupakan salah satu tujuan Reformasi birokrasi yang digulirkan Mahkamah Agung, termasuk didalamnya Pedoman Perilaku Hakim, Transparansi Anggaran, Keuangan Perkara, PNBP, Putusan dan SDM (uraian Tugas). Oleh karena itu, sangatlah tepat Tema yang diusung dalam Bimtek ini.

Pada kesempatan itu pula, orang nomor satu di sekretariat Mahkamah Agung ini meminta kepada Ketua pengadilan Agama, Khususnya kepada Kuasa Pengguna Anggaran agar laporan Keuangan sesegera mungkin dilakukan dan akurasi serta validitas data laporan sangat diharapkan, agar nantinya pada tahun ini Mahkamah Agung tidak berada lagi pada jajaran Lembaga/departemen yang dinyatakan disclaimer oleh Kementrian Keuangan. Tahun 2009 kata Rum Nessa, Mahkamah Agung termasuk dalam lima kelembagaan Negara yang dinyatakan disclaimer oleh Menteri Keuangan. Hal itu dikarenakan, masih ada aset-aset kekayaan Negara yang dulunya dari departemen sebelum satu atap ke Mahkamah Agung, yang belum dilaporkan.

Labih lanjut Rum Nessa mengatakan, “5 (lima) hal yang menjadi syarat untuk dibayarkannya Remunerasi seratus persen yaitu Transparansi Anggaran, IT, Putusan, PNBP dan SDM. Yang dikenal dengan sebutan Quik Wins.
Untuk itu, Sekma meminta, agar dalam hal penggunaan keuangan, terutama keuangan Perkara, harus benar-benar dibukukan dengan baik, apa lagi sekarang ini, dengan adanya biaya Administrasi sebesar Rp. 50.000,- setiap perkara, itu menunjukkan kalau dalam hal penyelesaian perkara, tidak lagi dibebankan pada DIPA. Jika ada Pengadilan Agama yang menggunakan anggaran DIPA dalam proses penyelesaian perkara, maka itu harus dihentikan. Yang tidak kalah pentingnya pula kata Beliau mengenai biaya perkara, diminta agar biaya yang ada di Pengadilan Agama sama dengan biaya yang ada di Pengadilan Negeri, tidak boleh ada perbedaan biaya antara Pengadilan Agama dengan pengadilan Negeri yang berada dalam satu wilayah kota.Kabupaten. Tandas Rum Nessa.

Temuan-temuan BPK turut pula dipaparkan kepada peserta Bimtek, agar semua itu menjadi perhatian khusus dari para Ketua Pengadilan dan peserta Bimtek.

Add comment


Security code
Refresh

Live Chat

Chating langsung dengan petugas Informasi, klik tombol dibawah...
LiveZilla Live Help

Kontak Yahoo

Dian
Rahmanto

Bahasa Asing / Foreign Language

Indonesian Arabic Chinese (Simplified) English

Transparansi Peradilan

biaya BIAYA PERKARA
Biaya yang berlaku bagi Pihak yang berperkara di PA Gorontalo
 
radius RADIUS YURISDIKSI
Biaya panggilan berdasarkan jarak tempat tinggal Pihak

infoperkara

INFO REGISTER PERKARA
Data perkara pada Sistem Informasi Administrasi Perkara


jadwalsidang JADWAL SIDANG
Penetapan Hari Sidang perkara yang terjadwal di PA Gorontalo


panggilan


PANGGILAN GHAIB
Panggilan sidang bagi Pihak yang tidak diketahui alamatnya

putusan

PUBLIKASI PUTUSAN
Putusan PA Gorontalo yang telah dianonimisasi bisa didownload dalam format PDF


siadpaweb  INFORMASI PUBLIK & PELAPORAN
Portal Layanan Informasi Badan Peradilan Agama (SIADPA-WEB)
pengaduan PENGADUAN ONLINE
Layanan pengaduan bagi Masyarakat atau Pihak yang merasa tidak puas dengan pelayanan PA Gorontalo

Ketua

muhtar web
Drs. H. MUHTAR, SH, MH

Badilag News

Link Terkait

link_mari
badilag
sikep
litbangkumdil
putusan-asianlii
banner_hukum online
banner_skmari
banner_e-sariah
banner_sms_icon
banner_zakat

Pendapat Anda

Puaskah anda dengan pelayanan kami ?

Statistik Pengunjung

226464
Hari IniHari Ini67
KemarinKemarin201
Minggu IniMinggu Ini67
Bulan IniBulan Ini3352
KeseluruhanKeseluruhan226464
Logged In Users 0
Guests 21