Selamat Datang di website Resmi Pengadilan Agama Gorontalo Kelas IA, Kami mengutamakan Pelayanan Yang Prima Untuk Mendukung Terwujudunya Badan Peradilan Yang Agung.........


Pengantar dari Ketua Pengadilan



Selamat Datang Di Website Resmi Pengadilan Agama Gorontalo Kelas IA

Dengan memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah Swt, Website Pengadilan Agama Gorontalo Kelas IA telah dapat diakses. Website ini dibuat berdasarkan SK Dirjen Badilag Nomor: 003.a/DJA/SK/1/2015 Tentang Standarisasi Website.

Sejak lahirnya Undang-undang No.7 tahun 1989 tentang Peradilan Agama, adalah titik awal bagi Peradilan Agama mendapatkan kedudukan sebagai lembaga Peradilan yang sebenarnya, Undang-undang ini telah membawa perubahan yang besar terhadap fungsi, kedudukan dan kewenangan Peradilan Agama di Indonesia. Kemudian dengan lahirnya Undang-undang No.3 tahun 2006 sebagai perubahan pertama dan lahirnya Undang-undang No. 50 tahun 2009 sebagai perubahan kedua atas Undang-undang No.7 tahun 1989 tersebut diatas, semakin memantapkan eksistensi lembaga Peradilan ini, terutama dengan diberikannya kewenangan menangani perkara dalam bidang Ekonomi Syariah. Kedua Undang-undang tersebut telah menjadikan Peradilan Agama sebagai lembaga Kekuasaan Kehakiman yang mandiri (Court of Law), sejajar dengan lingkungan Peradilan lainnya dan juga Indepedensi dari campur tangan ekstra yudisial (eksekutif).

Sebagai lembaga Peradilan yang mandiri dan independen dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya harus memenuhi 3 (tiga) kriteria yaitu : Pertama tertib Administrasi, baik umum ataupun Administrasi teknis yudisial, Kedua penerapan Hukum Acara yang benar dalam konsep penanganan perkara, dan Ketiga dapat melaksanakan Eksekusi terhadap Putusan yang telah dijatuhkan oleh Peradilan tersebut. Dalam era keterbukaan Informasi, setelah Peradilan Agama ini mendapat kedudukan sebagai Lembaga Peradilan yang sebenarnya, maka selanjutnya dalam menilai kinerja lembaga ini, perlu adanya prinsip keterbukaan (Transparant). Keterbukaan ini adalah merupakan kunci lahirnya Akuntanbilitas (Pertanggung jawaban).

Dari dasar pemikiran tersebut maka Website ini dibuat walaupun mungkin dalam penyajiannya banyak dijumpai kelemahan dan kekurangan, namun demikian hasilnya adalah merupakan usaha yang maksimal dari segenap jajaran Pengadilan Agama Gorontalo Kelas IA semoga dapat gambaran tentang aktivitas dan kinerja yang telah dan akan dilakukan dilingkungan Peradilan Agama Gorontalo. 

Tujuan dari Website selain merupakan gambaran sebagaimana tersebut diatas, juga merupakan satu bentuk layanan Informasi Publik terhadap  pelaksanaan program kerja dan kinerja Pengadilan Agama Gorontalo. Dengan ini dapat tergambar faktor-faktor pendukung pencapaian program atau kendala-kendala yang menjadi hambatan dalam pencapaian program serta solusi yang diambil dalam mengatasi permasalahan tersebut diatas.  Atas segala kelemahan dan kekurangan baik dari segi teknis  penulisan maupun dari  segi content dalam Website ini diharapkan kritik dan saran yang konstruktif dari semua pihak, semoga  dimasa-masa yang akan datang pengelolaan Website ini akan lebih baik dan lebih sempurna lagi.