PERKOKOH INTEGRITAS APARATUR MELALUI APEL DAN BRIEFING SECARA BERKALA

Salah satu agenda rutin apartur Pengadilan Agama Gorontalo Kelas IA yaitu apel Senin pagi dan Jumat sore dalam rangka memperkokoh integritas melalui pembinaan langsung oleh para pimpinan dan hakim. Peran pimpinan selaku pilot projetc sekaligus selaku coaching tentu sangat diharapkan dapat membimbing bawahannya dalam hal pelaksanaan tugas yang diemban. Pada setiap amanat yang disampaikan tentu tertuang penuh harapan bahwasanya dalam pelaksanaan tugas dan amanat yang diemban, setiap pegawai harus memegang teguh nilai-nilai integritas yang telah disepakati bersama.

Sebagai institusi yang memberikan pelayanan kepada masyarakat, para pegawai harus menunjukan wajah institusi yang kredibel dan  berjiwa melayani, sebab sekarang ini sarasaran utama Pengadilan Agama Gorontalo Kelas IA harus terus berupaya meningkatan pelayanan yang prima terutama terhadap masyarakat pencari keadilan. 

b1

Pada senin 29 November 2021 salah seorang hakim Pengadilan AgamaGorontalo Drs. Burhanudin Mokodompit menjadi pembina apel Senin Pagi. Dalam arahannya pembina apel menyampaikan kiat-kiat yang perlu dilakukan untuk dapat memberikan pelayanan yang Prima. Salah satu isinya tentang jangan membawa HP kedalam ruangan sidang sehingga segala informasi yang terjadi dalam sidang dapat diterima dengan baik tidak terahlikan dengan bermain ponsel. Para pihak tetap menggunakan kartu identitas dalam memasuki ruangan persidangan hal ini dimaksudkan majelis langsung dapat mengenali para pihak lanjut Burhanudin.

b2b3

Setelah apel selesai dilanjutkan briefing secara langsung yang dilaksanakan oleh Ketua, Wakil Ketua, Panitera dan Sekretaris kepada petugas pelayanan yaitu pelaksana PTSP. Strategi proses penerimaan perkara menjadi topik utama dalam bimbinan ini terutama dalam menghadapi akhir tahun anggaran sekaligus penguatan kepada petugas PTSP tetap menerapkan 5 S yaitu Senyum, Sapa, Salam, Sopan dan Santun.

Dengan kegiatan apel dan briefing secara rutin ini menjadi satu kekuatan Pengadilan Agama Gorontalo Kelas IA dalam mempertahankan predikat Wilayah Bebas Koruspi (WBK) tahun 2019 dan dan diharapkan dapat meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) dalam pembangunan zona integritas ditahun yang akan datang.