Menjadi Satu-satunya Peradilan di Wilayah Gorontalo Untuk Meraih Predikat WBBM,  PA Gorontalo Ikuti Desk Evaluation Zona Integritas dengan Kementrian PAN-RB

DE
Jumat 06 Oktober 2020, menjadi hari yang paling menegangkan bagi seluruh warga Pengadilan Agama Gorontalo.  Dihari itu, segala upaya dan kerja keras yang telah dilakukan dari awal tahun 2020, diuji oleh tim Evaluator Zona Integritas Kemenpan RB. Layaknya pelajar yang akan mengikuti ujian penentuan lulus/gugur, ketegangan dan jegelisahan merebak keseluruh warga PA Gorontalo.

DE1Mengawali kegiatan dihari itu, seluruh warga PA Gorontalo berkumpul dan melakukan doa bersama, sebagai ihtiar terakhir dalam upaya membangun zona integritas menuju wilayah WBK dan WBBM di PA Gorontalo. “Dalam setahun terakhir, kita telah berusaha keras dengan sekuat tenaga, membangun ZI di PA Gorontalo. Kini, saatnya kita berserah diri kepada Allah SWT seraya bermunajat, semoga semua kerja keras kita selama ini membuahkan hasil yang baik bagi kita semua”,  ujar Panitera PA Gorontalo, Drs. Taufik Hasan Ngadi, S.H., M.H., membuka kegiatan doa bersama di pagi itu. Sehari sebelumnya, warga PA Gorontalo juga melaksanakan dzikir bersama di Mushola PA Gorontalo. Dzikir bersama ini diharapkan dapat menambah kekuatan dan kepercayaan diri personi PA Gorontalo setelah berserah diri kepada Allah SWT.

DE2Tepat pukul 09.00 WITA, Ketua PA Gorontalo Drs. Saifuddin, M.H.,  didampingi oleh Ketua ZI dan para koordinator area, telah bersiap di ruang Media Center PA Gorontalo, tempat berlangsungnya kegiatan Desk Evaluation ZI secara virtual. Dengan penuh percaya diri Ketua PA Gorontalo memaparkan Pembangunan ZI di PA Gorontalo kepada evaluator Menpan RB dalam waktu 20 Menit. 30 menit berikutnya, digunakan untuk sesi tanya jawab. Pespa AntiK, salah satu inovasi PA Gorontalo yang berfokus pada pengembalian sisa panjar, menajadi perhatian utama tim evaluator. Dengan lugas, KPA Gorontalo menjawab pertanyaan-pertanyan tim evaluator mengenai inovasi-inovasi yang telah dihadirkan oleh PA Gorontalo. Apresiasi dari tim evaluator juga tampak untuk “Parkiran Bentor”, inovasi sederhana yang ternyata mepunyai banyak manfaat, mulai dari mengurangi resiko kemacetan, mengakomodir para pengemudi bentor dalam mencari penumpang, serta mempermudah masyarakat dan pegawai dalam mencari transportasi umum.
 DE3Respon positif yang diberikan oleh Tim Evaluator, menambah kepercayaan diri dan motivasi warga PA Gorontalo. Tepat setelah acara berakhir, para pegawai yang sepanjang acara “mengintip dan mendengarkan” dari luar ruangan, berhamburan masuk ke ruang Media Center. Rasa haru dan bahagia terpancar dari wajah-wajah mereka. Sebahagian lainnya bahkan tidak mampu membendung air matanya. “Alhamdulillah, respon positif kita dapatkan dari tim evaluator, semoga hasil evaluasi ini semakin mendekatkan kita untuk meraih predikat WBBM, semoga seluruh kerja keras dan ihtiar kita membuahkan hasil yang baik”, ujar Sekretaris PA Gorontalo, Harsono Pulu Rahman, S.HI., M.H., menyambut para pegawai yang mulai memadati  ruangan Media Center PA Gorontalo.