JADWAL REGISTER TABAYUN SIPP DIREKTORI

 


PENGUMUMAN :

PENERIMAAN 1684 CALON HAKIM DI PERADILAN UMUM, PERADILAN AGAMA dan PERADILAN TATA USAHA NEGARA TAHUN ANGGARAN 2017. Dengan Kualifikasi pendidikan Sarjana Hukum/Sarjana Syari'ah/Sarjana Hukum Islam.

Informasi resmi terkait persyaratan pendaftaran dapat diakses langsung mulai tanggal 11 juli 2017 paling lambat pukul 24.00 WIB

1. Situs KemenPANRB : www.menpan.go.id

2. Situs BKN : https://sscn.bkn.go.id

3. Situs Mahkamah Agung : https ://mahkamahagung.go.id

https://badilum.mahkamahagung.go.id

https://badilag.mahkamahagung.go.id

https://ditjenmiltun.mahkamahagung.go.id

DITEGASKAN BAHWA TIDAK MEMPERCAYAI APABILA ADA PIHAK-IHAK TERTENTU YANG MENJANJIKAN DAPAT MEMBANTU KELULUSAN DALAM PENERIMAAN CPNS DIMAKSUD DENGAN KEHARUSAN MENYEDIAKAN SEJUMLAH UANG ATAU IMBALAN LAINNYA.


 

PENGADAAN BANTUAN HUKUM (POSBAKUM) TAHUN 2016

PIHAK YANG BELUM MENGAMBIL SISA PANJAR PERKARA SAMPAI AKHIR TAHUN 2015

LAKIP  Dokumen Review Renstra PA. Gorontalo Tahun 2015 - 2019

 

51 PASANGAN DAPATKAN KEPEMILIKAN IDENTITAS HUKUM

 


Kepemilikan identitas hukum bagi masyarakat Provinsi Gorontalo merupakan salah satu masalah yang harus diselesaikan karena  sesuai dengan data yang masuk pada Biro Hukum tercatat sebanyak 28.000 pasangan suami istri yang belum memiliki buku nikah, hal ini disampaikan oleh Gubernur Gorontalo yang diwakili oleh Kepala Biro Hukum Provinsi Gorontalo Ridwan Yasin SH. MH. ketika memberikan sambutan pada acara Sidang  Isbat Nikah dalam  Pelayanan Terpadu di Aula Kantor Kecamatan Tapa Kabupaten Bone Bolango kamis 27 April 2017.

Lanjut Ridwan permasalahan yang terjadi di Kabupaten Bone Bolango dengan masih terdapat banyaknya pasangan suami istri yang tidak  tercatat dalam data yang ada hal ini disebabkan  oleh minimnya anggraran yang dimiliki oleh daerah ini sehingga menyadari kendala tersebut pemerintah Provinsi Gorontalo bertekad  membantu dengan  mengalokasi dana khusus untuk pelaksanaan pelayanan Sidang Isbat nikah melalui pelayanan terpadu bekerja sama dengan tiga unsur terkait yakni Pengadilan Agama Gorontalo, Kementrian Agama Bone Bolango dan Kantor catatan Sipil kabupaten Bone Bolango bertujuan untuk dapat memperkecil angka ribuan tersebut  agar mendapatkan kepemilikan identitas hukum negara.

"seperti yang saya lihat sekarang ini ternyata minim sekali perkara yang akan diselesaikan saat ini kemungkinan hal ini disebabkan tidak sampainya informasi kepada masyarakat sehingga diharapkan kepada semua pihak agar dapat memberitahukan manfaat kegiatan ini sehingga antusias warga akan seperti apa yang diharapkan dan tentunya 28.000 angka akan dapat kita perkecil 3 sampai 4 tahun kedepan"tegasnya

Ditempat yang sama Ketua Pengadilan Tinggi Agama Gorontalo yang diwakili Drs. H. Mahyudi SH. MH mengatakan bahwa sangat mengaprisiasi kegiatan Isbat Nikah yang dirangkum dalam pelayanan terpadu oleh tiga unsur yakni Pengadilan Agama selaku yang menetapkan identitas sah Suami Istri, Kementrian Agama yang mengeluarkan Buku Nikah dan terakhir kantor Catatan Sipil yang menerbitkan Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga dalam waktu yang sama.

Mahyudi juga menambahkan bahwa Isbat nikah merupakan Pengesahan perkawinan menurut Undang-undang Perkawinan nomor 1 tahun 1974 dan mempunyai manfaat yang sangat banyak pada masyarakat diantaranya sederhana dan biaya ringan yang juga merupakan perpanjangan pelaksanaan Peraturan Mahkamah Agung Nomor 15 tahun 2015 tentang Pelayanan Terpadu dalam Sidang Keliling  sehingga diharapkan kegiatan dan kerjasama ini akan terus berlanjut dari tahun ketahun sehingga dapat mengurangi angka minimal kepemilikan idendtitas hukum bagi pasangan suami istri di Provinsi Gorontalo.

Sementara Panitera Pengadilan Agama Gorontalo Drs. Taufik Hasan Ngadi, MH mengatakan perkara yang diterima oleh Pengadilan Agama Gorontalo untuk disidang sebanyak 59 perkara wilayah Kecamatan Tapa, Bulango Ulu, Tilongkabila, Kabila namun yang diharapkan sesuai data ferifikasi yang masuk tidak sesuai harapan karena hanya 51 perkara yang dinyatakan bisa memperoleh Penetapan sedangkan 2 perkara dicoret dengan alasan tidak hadir dalam persidangan dan sisanya 3 perkara dicoret karena tidak memenuhi persyaratan adminitrasi sehingga harapan kedepan dalam pelaksanaan isbat nikah semua perkara yang akan disidangkan akan mencapai sesuai target semaksimalnya pangkasnya.

 

Add comment


Security code
Refresh

Kontak Yahoo

Petugas Informasi
Meja I
Meja II

Bahasa Asing / Foreign Language

Perkara & Persidangan

  • BIAYA PERKARA
    Yang Berlaku Bagi Pihak Yang Berperkara Di Pengadilan Agama Gorontalo
  • RADIUS YURISDIKSI
    Biaya Panggilan Berdasarkan Jarak Tempat Kediaman Pihak Yang Berperkara

  • KEUANGAN PERKARA 
    Rincian Pengeluaran Biaya Perkara Untuk Setiap Pihak Yang Berperkara 

  • PANGGILAN GHOIB
    Panggilan Sidang Bagi Pihak Yang Tidak Diketahui Alamatnya
  • PUBLIKASI PUTUSAN
    Putusan PA. Gorontalo Yang Telah Dianomisasi di Direktori Putusan Bisa Di Download dalam format PDF

  • INFORMASI PUBLIK & PELAPORAN
    Portal Layanan Informasi Badan Peradilan Agama
  • PENGADUAN ONLINE 
    Layanan Pengaduan Bagi Masyarakat Atau Pihak Yang Merasa Tidak Puas Dengan Pelayanan di Pengadilan Agama Gorontalo

  • SMS GATEWEY PERKARA
    Bentuk Pelayanan Terbaru Dari Pihak Pengadilan Agama Gorontalo, untuk mendapatkan informasi perkara dari jadwal sidang, tanggal putus, akta cerai dll hanya melalui SMS ke pusat center kami

  • FORMULIR PERMINTAAN DATA AKTA CERAI
    Membantu para pihak untuk mendapatkan informasi akta cerai oleh pihak yang berperkara 

Ketua

Pengumuman Badilag

Link Terkait

link_mari
badilag
sikep
litbangkumdil
putusan-asianlii
banner_hukum online
banner_skmari
banner_e-sariah
banner_sms_icon
banner_zakat

Pendapat Anda

Puaskah anda dengan pelayanan kami ?

Statistik Pengunjung

567116
Hari IniHari Ini194
KemarinKemarin188
Minggu IniMinggu Ini655
Bulan IniBulan Ini3170
KeseluruhanKeseluruhan567116
Logged In Users 0
Guests 95

Theme Guides

Crystalline Tutorials.

Documentation covering many aspects on how to use the March 2010 template from installation to logo editing instructions.

More Details